Mama Nitas

Info Kesehatan Ibu dan Bayi

TANDA HAMIL PADA MINGGU PERTAMA

Merencanakan kehamilan di awal pernikahan menjadi hal yang biasa terjadi, dan ketika tanda kehamilan muncul pada tahap awal, maka akan menjadi hal yang luar biasa untuk pasangan tersebut. Namun, biasanya untuk mengetahui kehamilan di minggu pertama adalah hal yang cukup sulit, karena tanda-tanda kehamilan akan muncul dan terasa saat memasuki dua minggu usia kehamilan.

Namun tak perlu risau, kehamilan masih bisa diketahui di awal minggu pertama, berikut ini adalah tanda hamil pada minggu pertama.

Payudara Mengalami Kesemutan

Saat masuk minggu pertama kehamilan, beberapa wanita akan merasakan kesemutan pada payudara mereka. Hal ini bisa terjadi karena pada tahap awal kehamilan payudara akan berubah untuk bersiap dalam menghasilkan ASI.  Pada kasus ini, tubuh wanita sedang mengalami perkembangan pembuahan dari calon janin.

Aerola Berubah Menjadi Gelap

Aerola merupakan daerah luar di sekitar puting payudara. Daerah aerola yang berubah menjadi gelap bisa jadi adalah tanda hamil pada minggu pertama. Karena beberapa wanita hamil akan mengalami hal seperti ini.  Perubahan ini juga bisa memudahkan ketika wanita menyusui sambil berbaring ketika bayi sudah lahir.

Bercak Merah Mirip Menstruasi

Bercak merah yang keluar sebagai tanda kehamilan sekilas memang mirip dengan bercak merah pada tahap awal menstruasi, tapi disana ada perbedaan yang sangat mendasar, yaitu warna bercak merah kehamilan akan terlihat lebih merah muda dan sangat bersih dari pada bercak menstruasi. Tanda ini biasanya akan muncul ketika memasuki 5-10 hari setelah terjadinya pembuahan.

Tubuh Menjadi Sangat Lelah

Kemudian tanda hamil pada minggu pertama yang selanjutnya adalah tubuh akan terasa lebih lelah daripada biasanya ketika beraktifitas. Pertanda ini merupakan hal yang wajar pada tahap awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh sedang berproses untuk menyiapkan calon janin yang telah melekat di rahim. Tenang saja, energi tubuh akan kembali seperti semula ketika memasuki usia kehamilan 12 minggu.

Mual dan Muntah

Wanita hamil pada tahap awal akan lebih sensitif untuk merasa mual dan muntah. Tanda ini murupakan efek yang sangat umum pada tahap kehamilan awal. Salah satu penyebab mengapa wanita hamil sering mual dan muntah adalah perubahan hormon dalam tubuh. Efek tersebut akan mulai hilang ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Sering Buang Air Kecil

Banyak wanita yang mengalami gejala sering buang air kecil di tahap awal kehamilan sehingga terasa berbeda dengan kondisi saat wanita tidak hamil. Padahal pada minggu pertama kehamilan, sebenarnya embrio baru saja terbentuk dan sama sekali belum ada tekanan pada kandung kemih. Saat terjadi kontraksi rahim yang lebih kuat maka akan menyebabkan tekanan pada kandung kemih, sehingga akan selalu merasa ingin buang air kecil.

Nah itulah beberapa tanda hamil pada minggu pertama, sebenarnya masih ada beberapa lagi tanda, seperti sambelit, demam, indra penciuman menjadi sensitif, hingga sering marah. Jika tanda-tanda tersebut terjadi pada anda, segeralah periksa ke dokter, kemungkinan anda sedang hamil.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *