Mama Nitas

Info Kesehatan Ibu dan Bayi

TANDA KEHAMILAN MINGGU PERTAMA

Memiliki keturunan adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap pengantin baru, that’s feel is amazing. Namun, beberapa pasangan harus menunggu begitu lama hingga akhirnya ia diberkahi keturunan. Nah, memiliki keturunan tidak lepas dari proses kehamilan seorang ibu, setiap ibu di dunia ini sudah pasti merasakan apa itu kehamilan.

Biasanya, seorang ibu mengetahui bahwa ia sedang hamil setelah tiga hingga empat minggu umur kehamilan. Jika seorang ibu terlambat mengetahui bahwa dirinya sedang hamil tentu itu sangat berbahaya. Oke, untuk mengetahui kehamilan sejak awal, kali ini kita akan bahas tentang tanda kehamilan di minggu pertama.

Terjadi Bercak Darah dan Kram Perut

Tanda kehamilan minggu pertama yang pertama adalah, muncul bercak darah dan perut yang kadang terjadi kram. Nah, munculnya bercak darah bisa terjadi pada waktu 8 sampai 10 hari setelah terjadinya ovulasi, menjadi aneh karena hal ini terjadi pada saat sebelum haid selanjutnya.

Hal ini sangat normal terjadi yang disebabkan oleh implantasi yang menempel pada dinding rahim. Kemudian perut sering merasa kram, bahkan akan terus berlanjut sampai trimester kehamilan yang kedua yang berada di uterus tepatnya di tengah pinggul.

Sering Muntah

Tanda kehamilan minggu pertama  yang kedua adalah meludah dengan intensitas sangat sering. Hal ini dapat terjadi karena berubahnya hormon estrogen yang menyebabkan seorang ibu menghasilkan air liur yang banyak dari pada biasanya.

Jika hal ini terjadi, tetaplah tenang dan jangan cemas, karena situasi ini akan sembuh dengan sendirinya ketika seorang ibu memasuki ke trimester kedua kehamilan. Ada cara untuk menghadapi kondisi seperti ini, yaitu tetaplah jaga pola kebutuhan air agar tetap terhidrasi.

Mengalami Sakit Kepala Dan Pusing

Gejala seperti ini mungkin sudah biasa dijumpai di kehidupan sehari-hari, dan hal ini merupakan tanda kehamilan yang sangat sering diacuhkan karena mungkin dianggap biasa. Seorang ibu yang hamil di minggu pertama akan merasakan sakit kepala dan pusing, hal ini terjadi karena kondisi fisik ibu yang sedang hamil muda. Kondisi fisik ibu hamil akan mengalami seperti mual, lapar, lelah dan terjadi tekanan darah rendah.

Kondisi ini diperparah oleh kondisi kejiwaan bumil yang sedang mengalami lingkaran depresi dan perasaan gugup, karena dapat meningkatkan rasa pusing dan sakit kepala. Itu adalah tanda kehamilan minggu pertama yang ketiga, dan kita memasuki tanda kehamilan minggu pertama yang terakhir.

Terlambat Haid

Ibu yang normal dalam siklus haid akan lebih mudah mengetahui kehamilan daripada ibu yang mengalami siklus haid yang tidak teratur. Untuk ibu yang mengalami siklus haid yang tidak teratur biasanya akan mengetahui kehamilan dalam rentang waktu memasuki kehamilan bulan ke dua lebih.

Nah, itulah beberapa tanda kehamilan minggu pertama yang harus diketahui oleh para ibu. Tentu saja mengetahui kehamilan sejak awal akan lebih aman demi terjaganya kesehatan janin.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *